Peugeot 208 Review

Peugeot 208

Efisien, cerdas, dan terjangkau, mungkin tidak cukup untuk membawa supermini asal Perancis ini ke dalam sektor pemimpin kelas seperti Volkswagen Polo, Ford Fiesta, atau KIA Rio. Namun hatchback Peugeot 208 yang terbaru mungkin cukup menarik perhatian Anda dengan kulit yang berbeda, mudah dikendarai, dan tentunya beberapa mesin yang sangat kuat.

Model pertama dari kelas 208 ini mengusung tema hatchback tiga pintu, yang diproduksi tahun 2011. Sementara hatchback lima pintu tersedia di tahun 2012. Setiap generasi 208 umumnya dirancang untuk memenuhi permintaan konsumen. Jadi tidak salah jika mobil ini tampak menggantikan 207 yang cukup berat dan memiliki ruang terbatas, meskipun mekanisnya tetap sama.

Peugeot 208
Peugeot 208. Photo of Motor 1

Spesifikasi Peugeot 208

Rata-rata, 208 telah mengalami pengurangan berat sekitar 110 kg dari pendahulunya 207. Sebagian besar dikaitkan dengan bodi mobil yang tampak lebih ramping, dengan bahan aluminium dan panel baja berkekuatan tinggi. Selain itu, mesin mobil juga 21 kg lebih ringan dengan mengganti unit empat silinder. Jadi bisa dipastikan bahwa mobil dapat berkinerja lebih baik dengan sedikit bahan bakar.

Model entry-level 208 yang baru umumnya banyak mengganti mesin bensin empat silinder dengan mesin tiga silinder yang efisien. Beberapa di antaranya dilengkapi dengan mesin bensin turbo 1.2 liter. Ada juga yang menawarkan mesin bensin 1.6 liter dan diesel 1.6 liter yang lebih hemat. Namun top range untuk 208 yakni model GTi yang dilengkapi mesin bensin turbo 1.6 liter (205 bph).

Interior Peugeot 208

Berbeda dari pendahulunya, Peugeot 208 menawarkan ruang kaki 50 mm lebih luas untuk penumpang belakang dengan pengoptimalan desain dan sandaran kursi yang lebih ramping. Jadi, Anda bisa menempatkan tiga orang di bagian belakang (selama mereka tidak gemuk dan banyak menuntut).  Selain itu, kursi bagian depan juga dapat disesuaikan dan cukup luas untuk semua orang.

Dasbor merupakan salah satu fitur yang paling menonjol di mobil ini, terutama karena desain yang modern minimalis. Di bagian tengah, Anda bisa melihat layar sentuh yang cukup besar dan menonjol. Pengendara bisa mengoperasikan fungsi seperti sistem navigasi atau konektivitas  Bluetooth melalui layar yang telah ada di semua generasi 208 ini (termasuk trim Access tahun 2015 dan seterusnya).

Di lain sisi, Anda bisa melihat roda kemudi yang sangat kecil di bawah kluster instrumen (info bensin dan speedometer) yang ditinggikan. Jadi pengemudi bisa tetap fokus ke arah depan. Selain itu, tampilan roda miniatur ini juga membuat mobil terasa lebih sporty, meskipun tidak semua orang cocok karena menganggap bagian atas roda sedikit menutup atau mengaburkan instrumen.

Exterior Peugeot 208

Redesign yang tegas dan menarik pada 208 telah memberikan standar visual dan kualitas baru yang akan sulit dilupakan. Anda bisa melihat kontur sporty yang cukup cantik, ditambah proporsi mini yang terasa modern dan dinamis. Di bagian depan, Anda bisa melihat gril radiator yang berbeda. Ditambah lampu depan bernada hitam dan krom yang juga menambah karakteristik dari singa Perancis ini.

Sementara itu, di bagian belakang Anda bisa menemukan lampu yang didesain ulang dan tampak memukau dengan tiga garis LED 3D berwarna merah menyala (yang menggambarkan cakaran singa, ikon dari Peugeot). Sedangkan di bagian roda, Anda bisa menemukan velg TITANE 16 versi terbaru yang dapat mempertajam tampilan model trim Active Anda.

Harga Peugeot 208

Di Indonesia, Anda mungkin hanya menemukan Peugeot 208 GTi versi tiga pintu dengan harga mulai dari Rp 565,2 juta. Harga yang cukup masuk akal mengingat mesin 208 juga cukup bersih dan hemat bahan bakar. Bahkan dengan mesin diesel yang ditawarkan, maka akan banyak keuntungan bagi pengemudi mobil perusahaan. Di luar itu, maka nilai jual mobil ini juga patut dipertimbangkan.

Menurut review beberapa pengguna, nilai jual kembali 208 tidaklah buruk, namun juga tidak sekuat pesaingnya Volkswagen Polo. Bahkan di beberapa negara luar, penjualan jenis model 208 tertentu juga memiliki paket yang bernama “Just Add Fuel”. Yang berarti Anda bisa melakukan pembayaran bulanan yang mencakup biaya motor dan juga bahan bakar.

Avanza merupakan kendaraan pilihan keluarga Indonesia. Bila anda sedang berada di kota Yogyakarta dan anda membutuhkan kendaraan ini, anda bisa mendapatkannya di sewa Avanza Jogja dari berbagai rental mobil di kota budaya ini.